Sabtu, 18 Mei 2013

[Review] Flashdisk Sony MicroVault TINY Series

Nah kali saya akan me-review sedikit mengenai Flashdisk yang sedang marak di pasaran yaitu Flashdisk Sony USM16GM MicroVault TINY Series yang berukuran 16GB dengan port USB 2.0.

Pertama-tama hal yang paling saya sukai dari series ini adalah bentuk dan warna flashdisknya.

Kelebihan dari flasdisk ini adalah

1. Ini bungkus flashdisk ini ketika saya beli. Sangat simple dan tidak banyak ornamen yang aneh-aneh. Pada foto tersebut sengaja saya sertakan flashdisk Kingston untuk membandingkan ukurannya, bener-bener imut untuk ukuran flashdisk.




2. Di dalam paket penjualannya hanya disertakan manual book saja, tanpa tali atau embel-embel lain.    Flashdisk ini sendiri ternyata made in china tapi garansi yang disertakan cukup baik yaitu 2 tahun.

  

3. Jika dibandingkan dengan flashdisk kingston saya yg jadul, bisa dilihat betapa kecil ukurannya , memudahkannya untuk dibawa kemana-mana. Ada lubang dibelakang flashdisk shingga tali dapat dimasukkan kedalamnya.

 



4. Harganya cukup kompetitif. Ga perlu disebutkan berapa dollar. :)


Kekurangan dari flashdisk ini

1. Hal yang paling saya tidak suka dari flashdisk ini adalah bodynya yang terbuat dari plastik tipis. Sempat tidak habis pikir kenapa pabrik sony tidak menggunakan bahan metal. Saya sendiri menyangka bodynya sedikit lebih tebal tapi ternyata jauh dari kenyataan. Ga kebayang jika saya ga sengaja nyenggol flashdisk ini dari samping , bisa-bisa langsung patah. x__x


2. Tidak ada tali. Sebagai flashdisk berukuran mini, seharusnya pabrik berpikir unutk menyertakan tali karena konsumen bisa saja kehilangan flashdisk berukuran mini ini dengan mudah.



Kesan setelah pertama kali dipakai




Begitu dicolokin lampu belakang kelap-kelip. :)



Baru dicoba di windows xp langsung kedetect dengan baik. Ukuran yang terdeteksi 14,5GB. :)


Pendapat netral
Untuk write speed/read speed cukup standar karena menggunakan USB 2.0, seandainya menggunakan USB 3.0 pasti kecepatannya lebih kencang.

write speed& read speed Sony tinyusb 16GB usb 2.0

write speed& read speed Kingston 4GB usb 2.0

Bisa kita lihat bahwa kecepatan membacanya Sony tinyusb 16GB ini jauh lebih unggul sebesar 27.47MB/s ketimbang Kingston G3 4GB yang hanya 23.61 MB/s, sedangkan write speed sony hanya mencapai 3.64 MB/s sedangkan Kingston 6.14 MB/s. Sungguh mengecewakan mengingat saya berekspektasi lebih pada flashdisk ini :(. Tapi untuk jadi flahsdisk untuk sekedar copy data saja, flashdisk sony ini sedikit lebih baik ketimbang Kingston.

Penilaian saya terhadap flashdisk ini adalah 6.8 dari 10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...