Sabtu, 26 Februari 2011

Cerita pertama kali pasang bracket(behel) gigi

Alhamdulilah, akhirnya keinginan saya untuk memasang bracket telah terpenuhi. Setelah 9 tahun lamanya menabung, berusaha dan berdoa, akhirnya hari ini saya telah memasang bracket a.k.a behel cekat gigi.

Kali ini saya akan berikan pengalaman saya menggunakan bracket alias behel.

Kenapa saya pasang bracket?
Tentu setiap orang punya alasan kenapa dia berbuat sesuatu, jika beberapa tahun yg lalu, kegunaan bracket hanya sekedar memperbaiki keteraturan gigi dan kesehatan, sekarang semua cenderung ke arah trend dan estetis.
Sedangkan saya lebih milih keuntungan dari keduanya, dengan prioritas saya untuk memilih keuntungan dari segi kesehatan. Dengan bracket, tentunya gigi yg tidak rata, mampu menjadi rapih, sehingga lebih mudah dibersihkan. Akibat dari gigi yg lebih bersih, tentunya karang gigi, gigi berlubang dan penyakit giginya lainnya mampu dicegah.
Dari segi estetis, senyum jadi lebih bagus. :D

Tahapan-tahapan sebelum pemasangan behel?
menurut drg yg masang behel saya:
1. pertama, foto rontgen dulu panoramic dan cephalometric (semoga ga salah nulisnya >.<" )
2. foto kemudian dianalis oleh drg spesialis orthodonti, lalu dihitung-hitung ukuran rahangnya, jika rahangnya tidak cukup besar menampung semua gigi, maka beberapa gigi akan dicabut(biasanya 2-4 gigi, tergantung kasus), jika rahang mampu menampung maka bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.
3. sebelum pemasangan, gigi yg berlubang harus ditambal, jika ada karang gigi, maka harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum pemasangan.
4. pemasangan bracket. Bisa berlangsung kurang lebih 2jam. Dan rahang bakal pegel karena harusnya ngangap/mulut terbuka selama 2 jam.

Pada saat pemasangan behel kurang lebih seperti video dibawah ini.




Siapa yg berhak memasang bracket?
Tentu Drg spesialis orthodonti. Kalo ahli gigi yg suka terima pasang behel di jalan itu bukan drg ortho loh. Saya tidak merekomendasikan ahli gigi karena ahli gigi bukan dokter.
Apa jenis Bracket yg saya pakai?
Saya pakai yg jenis behel non karet, seperti ****n. Ukurannya kecil jadi bikin bibir ga keliatan monyong hehe. Behelnya ga pake karet, jadi kalo senyum, behelnya ga berwarna-warni. 
Karena faktor usia juga saya pilih behel jenis ini, biar ga keliatan kyk ABG banget.. hehe

Kesan di hari pertama menggunakan behel?
Awalnya pada hari pertama rasanya gigi ketarik-tarik, cukup ngilu akibat efek samping pembersihan karang gigi. Kalo ngilu karena behel masih belum terasa sama sekali.

Eh begitu hari ke-2, rasa ngilu mulai berdatangan. Gigi terasa mudah bergoyang.
Mengunyah aja ngilunya ga tahan, terasa cenat-cenutnya.
Resep yang saya gunakan untuk menahan rasa ngilu+sariawan di awal-awal?
Saya menyarankan minum supplement yang mengandung Kalsium+Vit C.

Pantangan dan Pola Makan
Kalo makan, makanan wajib dipotong-potong kecil. Hindari memotong makanan menggunakan gigi depan. Bisa copot tuh behel. Setelah makan, gigi wajib disikat, jangan sampai ada makanan yg nyangkut. Gigi wajib bersih setiap saat. Gigi dibersihkan dengan sikat gigi khusus behel dan ortho kit.

Pantangan makanan yg harus dijauhi adalah makanan yg keras seperti keripik, daging keras dsb. Makanan yg lengket, seperti dodol, cireng dll. Makanan yang keras dapat menyebabkan behel copot. Behel yang copot mengganggu perawatan. Sebel juga kan kalo pake behel lama-lama gara-gara perawatannya terganggu.??!

Kendala
Di awal-awal mengalami kesulitan penyesuaian cara membersihin/menyikat giginya, makan harus terbiasa ga diarahkan ke pipi, karena kalo gigi-gigi di dekat pipi lumayan susah membersihkannya.

Sekarang saya rajin sekali sikat gigi agar gigi ga berlubang. Pasta gigi memakai yang anti gigi berlubang, selalu pake moutwash juga. :)

Diawal-awal mulut terasa kering dan sariawan karena ada benda asing(behel) di mulut. Setelah 1 minggu sariawan berangsur menghilang asal rajin pake obat kumur/mouthwash. :)
Pada H+1 sampai kurang lebih H+8: behel ada yg copot, karena masih penyesuaian cara gigit dan cara makan, ngomong masih sulit dan susah untuk tersenyum lebar-lebar. Setelah 1 bulan, berangsur-angsur bicara menjadi normal kembali dan sariawan menghilang. 

H-1 Sebelum pemasangan















Bulan ke -0
Saat saya sudah pasang behel di hari H.

















Bulan ke -1 (hari ke 32)

















Bulan ke -2 (hari ke 67)

















Bulan ke -3 (hari ke 95)
























kalo saya sempet tiap bulan saya foto terus giginya.. nanti bakal keliatan bedanya.. :D
Jangan lupa commentnya ya.. !!! :)
fast response : my twitter @adiwew

258 komentar:

  1. Wow, makasih banyak artikelnya... sekarang saya punya gambaran progres pemasangan kawat gigi

    BalasHapus
  2. Nice info :) saya baru H+2 pasang kawat gigi :)

    BalasHapus
  3. iya ya, mestinya kalo pasang behel perlu ada documentasi pribadi ya, biar kerasa perubahannya..
    aku baru pasang dua bulan ini, uda kerasa perubahannya.. tapi kelewat documentasinya... nggak kepikiran siih.. hehehe ^o^

    BalasHapus
  4. wah cepet juga yah pergerakan giginya...bulan2 selanjutnya gmn?? tahun 2012 ini udah rapih dong yah??
    btw ada gigi yg dicabut dulu gak tuh??

    BalasHapus
  5. @rano sama-sama, terimakasih sudah mengujungi blog saya :)
    @nurvit, makasih udah mau mengunjungi blog saya :)
    @henni saya mendokumentasikan ini agar banyak pembaca yang tau penggunaan dan perawatan gigi setelah dibehel yg baik seperti apa. Kebanyakan dari mereka sama sekali tidak mendapatkan info yang baik. :)
    @miea sekarang udah dalam tahap penyamaan gigitan rahang atas dan bawah, sebentar lagi juga dilepas. :)

    BalasHapus
  6. kok cepet banget ya perubahannya? kalo boleh tau harga behel nya yg berapa ya?

    BalasHapus
  7. kalo dokter gigi yg praktek di puskesmas atau rumah sakit negeri gitu termasuk spesialis ortho nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo itu saya kurang tau, bisa tanyakan langsung pada dokter gigi yang bersangkutan. :)

      Hapus
    2. hay.....!mau tanya biaya pasang behel untuk rahang atas berapa?
      bisa di Email ya biayanya, uhuikomeng@gmail.com terimakasih

      Hapus
  8. kalo itu ada yang di cabut ga giginya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, yg dcabut cuman geraham paling belakang(yg ga tumbuh) ..

      Hapus
    2. Subhanallahh..jd rapi y..smg q jg bs rapi gt..tks bang ats sharing nya

      Hapus
  9. hai aku juga lagi hari kedua ni pasang behel , ya ampun rasanya ngilu banget :| bisa kasih solusi gak biar gak ngilu digimanain?? kalo sariawan terus pake albotyl gak papa kan bracketnya?? makasih kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai dita
      untuk mengurangi rasa sakit bisa minum redox*n atau susu berkalsium tinggi.
      hindari makan yang keras, lebih bagus kalo makan bubur dulu di awal-awal untuk mencegah rasa ngilu bertambah.

      saya mensarankan untuk tidak menggunakan alboty*l untuk kumur-kumur karena itu obat keras.
      lebih baik pake obat kumur biasa seperti listherin, total c4re mouthwash dsb. perlahan-lahan sariawannya hilang sendiri kok.. :)
      ohya, bracket ga akan hancur sama obat kumur karena memang didesain sangat keras dan tidak mudah hancur.
      semoga membantu

      Hapus
  10. halo mbak saya hari ini pemasangan hari kedua..
    mau nanya ni mbak sampai kapan tuh kita gak bisa makan yang keras2?
    mbak, apa setelah mbak bilan ke 6 masih makan yang lembek2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan mbak2.. saya cowo hehehe
      kalo giginya masih ngilu sebaiknya jangan makan yang keras-keras nanti tambah sakit...

      Hapus
  11. thnks benget atas sharing nya..hampir sama banget dengan yg kualami..ini aku udah memasuki hari ke-3 pemasangan kawat..kyaknya jenis yg kita pakai sama..aku mw tnya kalo untuk pemakaian moutwash itu seberapa sering???sementara ini aku pakai Aloclair Plus..itu obat kumur rekomendasi dokter..tp mahal banget (60Ml harganya 130rb)..pdhal tiap pake 10 Ml..kl mw ganti boleh ga ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pake mouthwash biasanya setelah sarapan dan makan malam aja. Dulu di awal-awal saya juga pake mouthwash yg agak mahal karena memang mulut sangat rawan saat awal pemasangan behel dan itu udah jadi anjuran dr dokter untuk memakainya. Tapi setelah muthwashnya hbs, dan mulut saya udah terbiasa memakai behel(tidak sering sariawan), saya menggantinya dengan mouthwash biasa(lebih murah). Coba konsultasikan dengan drg kamu, siapa tau beliau punya pertimbangan sendiri kenapa pake mouthwash yg mahal. :)

      Hapus
  12. klw masang behel pas pertama kali terasa sakit nya gimna?
    bs di jelasin?

    BalasHapus
  13. wahhhh merarik sekali lihat dokumentasinya..
    terlebih lagi gigi bawahnya hampir sama dengan gigiku...
    cepat juga ya perubahannya...
    bisa rapih hanya di bulan ke 2-3
    gak selama yang sering kubaca...
    jandi kepingin...
    sekarang sudah selesai atau masih terus pakai behelnya ?
    terus kalau boleh tau...range biayanya habis berapa ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang masih dibehel, tapi sudah mau selesai(tahap akhir)
      silahkan cantumkan email anda disini, untuk range harganya nanti saya emailkan.

      Hapus
    2. iha_mster@yahoo.com hehe thanks yaa...

      Hapus
    3. saya juga donk mas adi cha_jjung@yahoo.com
      klo awal2 masang susah ngomong ga...soalnya saya seorg frontliner di bank.

      Hapus
    4. saya jg ya mas adi
      fannyfirdhani06@gmail.com
      thank you :)

      Hapus
  14. mau dong mas diemail'in range harganya fannyfirdhani06@gmail.com
    thank you

    BalasHapus
  15. Saya juga mau dong range harganya, kebetulan pengen pasang miliani.devi@gmail.com
    makasi sebelumnya mas adi, blog-nya sangat membantu :)

    BalasHapus
  16. pagi mas adi..
    thanks bgt udah ngshare pengalaman plus photo pula. saya jd lebih kebayang proses n perubahan yg terjadi. saya sekarang masih menimbang2 tuk masang behel. boleh nanya2 y mas..
    1. tuk milih dokter gigi qt chek ap nya y? saya lum punya rekomendasi dokter yg valid, krn rata2 temen2 saya yg kasih rekomendasi cuma karena ga tau yg lain aj..
    2. rata2 butuh waktu brapa lama smpe qt bisa bcakap2 dgn agak nyaman atau malah sampe normal?
    saya guru kimia.. ga saya bgt dah xo masuk kelas cuma duduk, nyuruh2 murid ngerjain tugas tanpa ngejelasin, dan memang g mungkin xo ga "ceramah" d kelas..
    3. saya mau juga mas range harganya. tolong dkirim k email saya ya mas adi.. reeonredemption@gmail.com

    oy berarti mas adi pake behel kurang lebih 1 thun y? itu yg menentukan dokternya juga ya?

    makasih banyak sebelumnya mas..
    smoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. kamu bisa mencari drg dengan gelar Sp.ort di RSGM/RS swasta/RS pemerintah terdekat di kota kamu. Kamu ga perlu ragu karena mereka(sp Ort) dipastikan punya kualifikasi dan pengalaman medis bertahun-tahun dibidang pasang-memasang behel.
      Sebaiknya kamu konsultasikan dulu dengan dokter sp Ort itu satu persatu, karena mereka biasanya punya program ortho yang berbeda-beda (dalam estimasi waktu perawatan, biaya dan kendala lainnya). Dari situ, kamu bisa pilih dokter mana yang memberikan program yang terbaik.

      2. Menurut saya pribadi sangat bervariasi, ada yg cuman beberapa beberapa hari. Ada juga yang berminggu-minggu, max 1 bulan. Karena adaptasi jaringan mulut terhadap benda asing(behel) tiap orang berbeda-beda.

      Kamu tetep bisa bercakap-cakap kok, cuman ga bisa secepat kamu sebelum pake behel. Saya pribadi butuh waktu sebulan sampe bisa bercakap dgn lancar. Setelah sebulan, saya merasa behel itu udah ga kerasa apa-apa lagi di mulut, dan dianggap bagian dari gigi.

      3. Untuk waktu perawatan hanya estimasi saja, biasanya makin parah kondisi gigi, makin lama perawatannya.

      Hapus
  17. mas adi.. ini sangat bermanffat buat saya.. baru semalam saya pasang braket dan saya coba makan roti tapi masih ngak nyaman banget.. terus pagi ini gigi rasanya ngilu semua .. kalo mau tanya2 sama mas adi boleh. maklum masih begginer jadi belm tau betul dan terbiasa.. oia aku di emailin juga donk range harganya..kalo ada bersama pin BB di kirim ke email saya ya.
    sofia.aifandi@gmail.com.
    terimaksih sebelmnya mas adi blog anda sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  18. Halo mas, thx bgt udh sharing, kebetulan saya bru masang jg merek d*mon 2 hr lalu, jd skrg masih nyeri, kira2 mas seberapa sering kontrol ke drg?

    BalasHapus
  19. Bisa kirim kan range harganya mas.. Email saya rakhmiwiharsanti@gmail.com

    BalasHapus
  20. kira kira makanan yang cocok buat yang pake bahel seperti itu apa ya?

    adik saya jadi ngak mood makan gara gara pake bahel, susah ini :I

    http://elviolindadee.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Efek behel yang bikin ngilu gigi memang bikin mood makan berkurang. Jadi usahakan saja pilih makanan lunak dan enak yang bisa dikonsumsi dan merangsang nafsu makan pemakai behel.

      Hapus
  21. baru dua hari pasang behel mas, ngilunya masih terasa. kira2 berapa lama ngilunya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. efek ngilu tiap orang beda-beda mbak. Ada yang 3 hari baru kerasa nyaman, ada juga yang sampai 1 minggu. Usahakan tidak makan-makanan keras agar efek ngilu tidak bertambah.

      Hapus
  22. Infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi cari2 info pemasangan behel. kalo boleh tau boleh dikasih kisaran harganya. trimakasih
    aditama.surya@gmail.com

    BalasHapus
  23. mas thanks banget buat blog nya.. sebenarnya yg akan pasang cewe saya, tp sy yg jadi kerajinan browsing2 pengen tahu... hehehe. tp infonya bagus banget. thanks for sharing.. btw ini pakai behel yg biasa aja khan ya? bukan yg damon?

    BalasHapus
  24. Wah bener2 menarik dan bermanfaat sekali tisam mas adi ttg behel ini, bahkan dilengkapi dengan dokumentasi lagi...
    Begini mas, kalau ngak keberatan saya mau nanya2 ttg pengalaman mas masang behel ini, soalnya saya berencana mau pasang jg hehe, tp masih ragu n agak takut jg hehe.
    Kalau bisa saya minta range n detail biaya pemasangan n perawatan selama mas masang behel.
    Alamat email saya, e.do.latama@gmail.com
    Sekalian kirim pin bb mas biar sekalian saya bisa sharing
    Terima kasih sebelumnya mas...

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya lagi cari2 info pemasangan behel. kalo boleh tau boleh dikasih kisaran harganya ya mas? soalnya saya mau berencana mau pasang behel jg,tp masih ragu n agak takut sakit maklum q g kuat kalau sakitnya terlalu. trimakasih
    kalau bisa saya minta range n detail biaya pemasangan & perawatan selama mas masang behel. alamat email saya, sespongmimi@ymail.com

    BalasHapus
  27. Mas .. bagus bgd ya itu.. saya h+1 pake bahel.. bnr bgd msh susah ngom susah mingkem.. hahaha... tp ini bracket udh copot 2 ajah knp yak baguan depan (giginya kdlm) awalnya sata kira gigi saya retak gt tp stlh dprhatiin lemnya.. wkwkwk... ngilu sih brasa tp ga trlalu sariawan jg ga trlalu..
    Klo boleh tau mas nya d cabut ga giginya? Kasus gigi bwah sm cm saya ada 2 dan lbh dlm .. hehehehe... mudah2 cpet bnr ni gigi.. ga betah jg.. hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk gigi saya sekarang belum ada yg dicabut, kecuali gigi bungsu yang tidak tumbuh

      Hapus
  28. hay , kira2 kisaran hrganya brp ya? mohon dibalas a :-)

    BalasHapus
  29. Saya mnta range biaya pemasangan behel ny mas. Email sya riskakusuma.rk@gmail.com

    BalasHapus
  30. Saya baru mau pasang behel niii,,,gigi zih alhmdulillah rapih,, apkh behel bs berpungsi memprbaiki bibir jeding ( Tebel ). Tlg blz, ya. Mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung, bisa membantu jika bibirnya jeding akibat gigi yang terlalu maju.

      Hapus
  31. Halo mas Adi.
    Boleh minta info tentang harga total pemasangan kawat gigi? kalo tidak keberatan kirim ke email saya ya rayaspoloi@gmail.com Trims

    BalasHapus
  32. sekedar ngasih info dari dokter saya (dokter residence yg lg ambil spesialis di rsgm ugm), ternyata pakai mouthwash itu ga baik.karena akan membunuh bakteri baik . bagaimana menurut dokter mas adi? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan dokter dan juga bukan orang yg paham dunia kesehatan..
      Namun saya dulu juga pernah bertanya kepada drg bersangkutan, ada beberapa jenis mouthwash yang dosisnya cukup keras(dan harganya cukup mahal), sehingga jarang sekali digunakan kecuali pada tindakan khusus seizin dokter...sejauh ini beberapa merek yang dijual dipasaran merupakan mouthwash yang dosisnya lebih ringan dan aman.
      Memang kalo terlalu sering menggunakan mouthwash itu tidak baik(karena membunuh bakteri baik), saya pribadi lebih suka menggunakan mouthwash saat sebelum tidur (1x sehari) dan lebih sering lagi saat terkena sariawan(2-3x sehari setelah makan).

      Hapus
    2. untuk mouthwash sendiri saya cukup menyarankan, karena memang menjauhkan gigi dari karang gigi(yang menurut saya bakal sering mengganggu pengguna behel).. semoga membantu.

      Hapus
  33. Halo, mas sekarang udah di lepas behel nya? Kalau boleh tau totalnya berapa bulan mas adi pakai behel, dan biaya pertama kali pasang berapa? Mohon penjelasannya ya
    Ms.denes@yahoo.com atau bbm 7662b017

    BalasHapus
  34. Saat ini saya sudah pasang behel dan sudah rata hanya saja gigi atas masih agak ke depan kira2 lama ga ya mas masuk ke dalamnya?dokter saya bilang harus pelan2 dulu ga bisa langsung instan giginya dorong ke belakang.tapi saya agak khawatir memakan waktu yang lama kalau lihat pengalaman pasien2 dokter tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya pribadi butuh sekitar 3 bulan baru terlihat perubahannya.. Memang cukup lama karena tahapan prosesnya tidak bisa sebentar dan melibatkan beberapa gigi sekaligus untuk mundur.

      Hapus
  35. Mas Adi...
    Bisa kirim range harganya gk?
    Email saya midnight.cutexz90@gmail.com

    Terma kasih ^_^

    BalasHapus
  36. Mas kirimin range harga pemasangan behel nya dong
    Ni email sy vivianlee058@gmail.com

    BalasHapus
  37. info y sangat membantu sekali mas adi ,, kebetulan saya juga lagi nyari2 info ttng ini,,saya juga mau dong range harganya.. ini email saya emdarmawanti21@gmail.com..
    Terimakasi sebelumnya mas adi :D kalo boleh sertakan juga pin Bb nya ya sexalian,, hehe takut ada pertanyaan yg lain lg, :Makasih :D

    BalasHapus
  38. Mad adi boleh kirim rang harga ke email saya?fitrianingarrizalah@gmail.com sebelumnya terimakasi

    BalasHapus
  39. saya juga donk,,kirimin ya...kikirizki008@gmail.com makasih

    BalasHapus
  40. mas adi, kirimkan range harganya ke saya juga ya umairohazzahro@gmail.com . makasih

    BalasHapus
  41. mas adi, minta tolong dikirimkan range harganya ya mas, ke email : amilia.rahmawati@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  42. sama nih saya juga baru pasang H+2 rasanya tuh mengganggu sekali,mau makan yang biasa kita santap tiap hari nggak bisa,malam hari rasanya pengen cabut aja behel nya... btw berbagi pengalaman aja ya,baiknya sebelum kita pasang kita harus benar2 compare harga behel nya dulu.karena pengalaman saya kemarin beda tempat sama merk ( contoh d**mon ) itu bisa beda 10 - 12 juta an... untung nya saya dapat harga termurah and dokter nya pun spesialis...inti nya harus banyak2 compare harga alias perbandingan harga..

    BalasHapus
  43. mas adi, minta tolong dikirimkan range harganya ya mas, kirim ke yeni.puspitowati@gmail.com, trims

    BalasHapus
  44. Mas adi...minta tlng send range hargax yah mas... ke fifit.rusman@gmail.com...tks

    BalasHapus
  45. Mas adi, aku minta tolong dikirimin range harganya juga dong mas ke email Anditiara.at@gmail.com makasih ya mas :)

    BalasHapus
  46. mas adi minta di kirimin range harga ny ia ni email saya
    ginafebri24@gmail.com
    mkch mas sblmny... ^-^

    BalasHapus
  47. mas...
    sya minta dikirimin range harga na selama perawatan na donk & behel d*mon jenis apa yang dipakai?
    ne email sya:
    tyawarmanhamdi@gmail.com

    terimakasih
    :)

    BalasHapus
  48. mas saya mau tnya lagi nih
    :)
    ma'af mas jdi bnyak tnya
    oya

    brapa lama mas proses perawatan na hingga gigi na dinyatakan rapi oleh dokter?
    klo bleh kirim kan foto hasil na donk mas

    maksih

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung seberapa besar kasus giginya, jika giginya cukup berantakan maka waktu perawatan akan lama.

      Hapus
  49. Mas bleh mnta tlg kirimi range harga pemasangan dan perawatan behel k randhayu16@gmail.com??
    Aku juga ada niat mau psang behel. .tapi takut juga

    BalasHapus
  50. Boleh tahu mas harga pemasangan dan perawatan behelnya, ke email lydia.mursida@yahoo.com,, thanks

    BalasHapus
  51. mas Adi boleh minta donk harga pemasangan behel damon nya ke email saya: saefuloh2012@gmail.com btw di klinik mana mas pasang ny?
    trmksh

    BalasHapus
  52. mas, saya pasang behel di dokter gigi biasa dan range harganya tidak sampai 4 jt.. saya pakai merk behel yang biasa dengan karet warna warni. apakah itu termasuk pemasangan behel yang aman mas? mengingat harganya yang murah dan bukan dari dokter ortho. terus pada H-5 saya sudah makan daging dan nasi, apakah itu bisa melepas behel akibat makan makanan yang keras? kebetulan pada H-5 gigi saya sudah tidak ngilu mas. mohon infonya ya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tidak masalah memasang dengan harga segitu selama di dokter gigi dan pemasangan sesuai kaidah dan higienis. Bisa makan daging atau yg keras asal mengunyahnya harus pelan-pelan. Saya sendiri merekomendasikan untuk tidak memakan makanan keras karena biasanya orang yang makan cenderung mengunyah terburu-buru sehingga merusak behel/perekat behel.

      Hapus
  53. Saya baru mau pasang mas...cuma niat saya masih belum full 100% ni hehehe
    Tp setelah baca postingan ini agak bertambah sedikit niat saya unutk memakai kawat gigi, ada yg saya mau tanyakan...ketika setiap mas check up, apakah kawat giginya disetting lagi posisinya alias dikencengin? Jika iya berarti tambah sakit lg donk?oiya saya jg ingin minta info range haragnya donk abdee_dillah@yahoo.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  54. Untuk semuanya, saya kirim ke email masing-masing ya. Selamat Lebaran 1435H.

    BalasHapus
  55. mas kirimin jg range hargax nei email saya ninitnita09@gmail.com

    BalasHapus
  56. Mas adi postingannya keren banget , dr thun 2011 sampe 2014 masih laris. Kebetulan sy pngen dr dulu, masih nabung n masih ragu2 heheh, sya masih boleh minta range harga juga tidak? larashkerja@gmail.com trims

    BalasHapus
  57. Nice info mas. Boleh minta range harga? Email firas.naufal@ymail.com

    BalasHapus
  58. Saya jg mau dong dikirimi range harga nya imafaeyza@gmail.com
    Terima kasih banyak

    BalasHapus
  59. Selamat malam mas adi , aku april , slam kenal ya , bisa email ke aku @putri_april42@yahoo.co.id sebagai referensi aku karena aku juga mau pasang behel hehe

    BalasHapus
  60. Slmt siang, mas bisa tolong juga untuk kirim range harganya, kirim email ke akucoke@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  61. Slmt siang, mas bisa tolong juga untuk kirim range harganya, kirim email ke dinaaghra@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  62. salam, saya kebetulan jg akan pasang behel hari ini. boleh kirim saya email juga untuk tau range harga pemasangan juga tanya2 seputar behel ke dinardyna@gmail.com, trims mas

    BalasHapus
  63. please info harga. email : mynamenaya@gmail.com
    sya di kota medan

    BalasHapus
  64. Mas Adi...
    Terima Kasih infonya, sangat bermanfaat bagi saya,
    Bisa kirim range harganya gk?
    Email saya nazhieh113@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  65. Selamat siang mas adi...
    Infonya sangat bermanfaat....
    Sekarang udah tahun 2015..
    Udah di lepas behelnya....
    Gimana gigi mas adi akhirnya..... ^_^
    Mas adi boleh kirimi harga total pemasangan behelnya.
    Makasih

    BalasHapus
  66. Ini emailnya.
    nisamiratilova@gmail.com

    BalasHapus
  67. Mas Adi, boleh tahu di mana pasang behelnya? Kelihatannya cepet progressnya. Boleh dikirim info ke grant0024@gmail.com ya :)

    BalasHapus
  68. Makasih infonya, kebetulan saya juga baru pasang behel artikelnya berguna bgt

    BalasHapus
  69. Infonya sangat bermanfaat.
    Mas Adi, bisa tolong kirimkan range harganya.
    Email: rereni95@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  70. Makasi info ...info na sangat terbantu dan bermanfaat.
    Mas adi ,, kirim in range harga na erinovikzoe@gmail.com
    Thanks...

    BalasHapus
  71. mas kirimin range harganya ke aku juga dong.. thanks.. retnopalupi130@gmail.com

    BalasHapus
  72. mas kirimin range harganya ke aku juga dong.. thanks.. retnopalupi130@gmail.com

    BalasHapus
  73. jadi makin tertarik pasang damon, gigiku ada yang gingsul, kalo bracketnya kecil kayaknya ga terlalu ribet di mulut
    boleh minta pricelist nya ya mas adi
    emailku jeandra.swita@gmail.com
    terimakasih~

    BalasHapus
  74. Mas Adi, saya mau tanya..
    Kalo ada gigi yang dicabut, itu cabutnya di awal pemasangan atau tahap selanjutnya?
    minta range harga juga y Mas k laela.fitria85@gmail.com makassiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kebutuhan, biasanya dokter meminta pencabutan gigi di awal perawatan. Ada pula yang meminta ditengah perawatan, karena pertimbangan khusus. Cek email ya

      Hapus
  75. Assallamualaikum Bang adi salam sehat ya. nah saya mau tanya apakah boleh makan nasi apa bila pertama pasang kawat gigi dan bolehnya pada saat kapan makan nasi ?

    satu lagi apa kah kawat gigi itu kuat ?
    dan ikira"paling lama pakai behel berapa lama saya pengen tau sebelum pemasangan lanjut saya baru mengumpulkan uang stengah tapi perawatan pasang behel cuma 550 rb apa kah bagus murni dan kata kawan disana bagus ... terbukti

    tolong saran dan jwabanya
    lalu bang adi lama memasang kawat gigi itu hingga berapa bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu dipahami bahwa kamu boleh makan makanan apapun selama gigi kamu ga ngilu. Kalo masih ngilu, ya makan bubur dulu supaya gigi tidak tambah ngilu dan tidak mengganggu aktifitas kamu.

      Maaf, dilihat dari biaya pasang, kamu mau pasang di t*kang gigi? Saran saya kamu mesti cek lagi karena pemasangan behel tidak bisa dilakukan tanpa prosedur medis yang higienis dan aman. Bisa-bisa saraf gigi kamu bisa mati dan gigi tambah berantakan karena salah perawatan.
      Jadi saya pikir mohon dipertimbangkan dengan konsultasi ke dokter gigi yg kamu kenal.

      Hapus
    2. Waooo bagus bngt perkembangannya. Aq baru pasang hari ni. Pke behelnya yg stenleess steel. Mudah2n hasilnya memuaskan jga. Untk yg kk pake hrga ny brapa?

      Hapus
  76. Mas adi,
    saya mengalami sariawan sejak h+2 pasca pemasangan behel,,sudah konsultasi ke drg disarankan untuk menggunakan mouthwash, mengoleskan madu dan konsumsi amoxilin sbgai antibiotik karena disalah satu luka sariawan ada nanah dan berdarahm,namun sampai h+7 sariawan g kunjung sembuh, malah makin parah
    mohon info dan tips nya mas,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mouthwash yang kamu gunakan mungkin kurang tepat. Waktu pertama saya pasang, saya diberikan mouthwash khusus(mereknya saya tidak ingat). Kalo masih sariawan, kamu dapat mencoba alb0tiiil, tapi harus dikonsultasikan dulu ke dokter ya, karena masih ada nanah.

      Hapus
  77. Bisa info dokternya, by email : pipit@mdpi.co.id

    BalasHapus
  78. Bisa info dokternya, by email : pipit@mdpi.co.id

    BalasHapus
  79. Mas saya udah pasang behel udah H+10 tp ini ada yang copot.gmna ya. Langsung kedokternya apa nunggu jadwal kontrol??

    BalasHapus
  80. Mas saya udah pasang behel udah H+10 tp ini ada yang copot.gmna ya. Langsung kedokternya apa nunggu jadwal kontrol??

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiknya langsung ke dokter aja supaya proses perawatan tidak terganggu.

      Hapus
  81. Menarik sekali informasi nya mas adi, berguna bgt buat aq.

    BalasHapus
  82. Menarik sekali informasi nya mas adi, berguna bgt buat aq.

    BalasHapus
  83. kaka pake kawat gigi sistem da**n ya? kalau boleh tau biaya pemasangannya berapa ya? sampai rapih butuh waktu brapa lama? tolong infonya ya ka ke email aku evelina.lim@gmail.com ,terima kasih kaka

    BalasHapus
  84. Mas pake jenis behel apa y?
    Biasa ny gant karet brapa lama?

    BalasHapus
  85. Biaya nya berapa mas?
    Email saya ivan134455@gmail.com

    BalasHapus
  86. Mas saya mau tau dong range harganya auliafranciska14@gmail.com

    BalasHapus
  87. Mas boleh minta price harganya ya dhiana.bugs@yahoo.com. Sama minta alamat dokternya ya mas

    BalasHapus
  88. Aslmkm mas saya minta range harganya dunk, rencana setelah lebaran mau pasang, terima kasih email saya dhanikkusumawardani@gmail.com

    BalasHapus
  89. tolong info range nya.... hadyrubito@gmail.com

    BalasHapus
  90. wahhh artikel yg sangat bermanfaat, saya mau tau dong range harga sama tempat.a mas, bisa dikirim ke rickyyoga183@gmail.com

    BalasHapus
  91. artikel nya sangat bermanfaat mas... kbetulan aku jg lg pengen bgt pk' soalnya gigiku agak renggang...
    mnta range harga nya donk...
    lestari.ayu90@gmail.com
    makasih...

    BalasHapus
  92. Mas Adi mohon info harga dan tempanya ya ke christine.eth@gmail.com

    Makasih

    BalasHapus
  93. artiketlnya bagus mas.sangat bermanfaat. boleh tau info harga dan tempatnya.dari kemarin ragu untuk pasang behel yg katanya harus di cabut minimal gigi atas bawah.
    betawiepoenya@gmail.com

    BalasHapus
  94. Mas adi kirim ke email saya juga
    q_iah2@yahoo.co.id
    Makasih :)

    BalasHapus
  95. Mas, boleh email ke saya ga? Saya mau tanya tanya, tolong ya mas. Email saya chybillratuanjani@gmail.com . ditunggu emailnya ya mas

    BalasHapus
  96. Untuk semuanya , cek emailnya ya :)

    BalasHapus
  97. kaka makasih infonya
    Q juga sama pasang behel n ma dokternya rahang yg bawah dulu yg dipasangin behel
    apa emg semua pemasangan behel semuanya gitu ya kak salah satu rahang dulu yg dipasangin gak lgsg atas bawah ?
    keliatan aneh gak sie kak kalo yg dipasangin behel diawal" baru salah satu rahang aja belum dua" nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan memang dipasang 2 rahang atas bawah sekaligus, tapi ada juga yang memang dipasang bawah dulu, ada juga yang atas dulu, tergantung metode yang dokternya pakai. Untuk jelasnya bisa ditanyakan ke dokternya idha, tentu ada alasan medisnya.

      Hapus
  98. Hai mas Adi saya lina, kebetulan saya baru pasang behel 2 hari dengan hari ini, tapi rasanya kaya menyiksa (mngkn krena baru) makan pun jasi sulit dan terasa lemah juga ngilu, di tambah sariawan krena mngkn ada pergeseran antara behel dengan gusi pada mulut. apakah memang seperti itu di awal2? dan utk rasa sakit ini sekiranya berapa lama akan dilalui ya mas? terimakasih

    BalasHapus
  99. oh yaa mas Adi tolong untuk email ke saya yah linawati.sundari@gmail.com
    Terimakasih .....

    BalasHapus
  100. Mas Adi, kalau boleh tau Makanan & Minuman apa yang boleh dikonsumsi dan yang ngga boleh? Mohon jawaban nya Mas Adi saya baru H+4 nih. :D hihi...
    Terimakasih sebelumnya Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jauhi aja makanan yang keras, alot dan garing seperti daging yg keras, keripik dll. Selain bikin behel lepas, gigi jadi sakit kalo makan-makanan tersebut.
      Kalo minuman semua bisa dikonsumsi tapi saran saya sih jauhi aja minuman soda dan manis karena korosif banget ke gigi :)

      Hapus
  101. Mas adi sy juga minta range biaya pemasangan behelnya dong hehe ini email sy athiyyanf@gmail.com thankss

    BalasHapus
  102. mas saya pasang di ahli gigi saya pasang yang atas
    ada 1 gigi saya yang kedalam, dan setelah hampir 2 bulan gigi saya sudah lumayan rapih, tapi gigi saya yang tadinya kedalam skrg jadi goyang, apakah masih dalam tahap perubahan atau memang akan terus goyang ? bingung saya mau lepas nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul masih dalam tahap perubahan. Toh masih 2 bulan. Cuman harus diperhatikan apabila ada rasa sakit secara terus menerus perlu bertemu dengan dokter.

      Oops pasang di ahli gigi? bukan dokter gigi? info aja, ahli gigi itu bukan tenaga medis. Ahli gigi ga akan tanggung jawab kalo gigi mas rama kenapa-napa.

      Hapus
  103. Mas sya juga pengen tau range biaya pemasangan behel kirimi ya mas ni email nya rifailuthfi1@gmail.com

    BalasHapus
  104. Mas adi tlg info harga dan tempat pasangnya. Kirim ke my2fach@gmail.com. tq

    BalasHapus
  105. bang . saya mau pasang behel ini
    karena mau buat daftar tni mas.
    kalo pasang behel itu lamanya brapa bulan ya mas sampai agak rapi ?
    kemaren saya konsultasi ke dokter gigi bisa nyampe 2 tahun katanya . lah itu mas adi kok 3 bulan udah kelihatan rapi gitu mas
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya sendiri 6 bulan -12 bulan baru keliatan rapi,
      Gigi rapi sendiri bukan berarti giginya rata doang tapi harus diperhatikan juga
      - wajah udah pas simetris belum dengan bentuk rahang dan posisi gigi
      - gigi miring-miring ga? gigi rata tapi miring juga ga bagus.
      - gigitan gigi atas dan bawah juga harus pas nempel.

      Gigi saya 3 bulan itupun cuman sampe keliatan rata aja dengan minus gigi masih agak maju dan gigitan ga pas. Tapi kalo kamu mau keliatan rata aja, 6 bulan juga udah keliatan(asal kasusnya giginya ga ekstrim banget)

      Hapus
  106. mas adi aku mau tanya tempat dan biaya nya...
    a0987885345@gmail.com

    BalasHapus
  107. Mas bs kirim email ke izzafitri96@yahoo.com? Saya pengen tanya2 seputar behel konvensional dan damon. Karna gigi saya bermasalah di taring yg rusak(bukan gingsul) ditunggu mas hehe makasih

    BalasHapus
  108. Range biayanya brp tu ms... nuningarif@gmail.com

    BalasHapus
  109. Bang range biayanya berapa tuh.bisa kirim email ke dwihidayatullah56@gmail.com

    BalasHapus
  110. Mas, aku juga mau dong biayanya. Mohon dikirim ke oleafya@gmail.com

    BalasHapus
  111. Mas saya juga pengen pasang nih, gigi saya bag atas depan afa dua yang serong dari tempatnya,

    Minta info range harga nya, juga yah mas,
    Klikmifta@Gmail.com toling infonya.

    BalasHapus
  112. Mas saya juga pengen pasang nih, gigi saya bag atas depan afa dua yang serong dari tempatnya,

    Minta info range harga nya, juga yah mas,
    Klikmifta@Gmail.com toling infonya.

    BalasHapus
  113. klo behel berapa lama ya adaptasi gigi nya biar makan ga ngilu lagi dan bisa makan daging ayam ?
    mohon info :)

    BalasHapus
  114. mas adi boleh minta range harga sama cara perawatan behelnya bagaimana? terima kasih email : muhajirin_muadz@yahoo.com

    BalasHapus
  115. Mas sya juga pengen tau range biaya pemasangan behel dan pasangnya dimana ya punya ma?
    kirimi ya mas ni email nya melisawijaya25@gmail.com

    BalasHapus
  116. Mas adi sy juga minta range biaya pemasangan behelnya dong & pemasangan behel brand ternama di jakarta itu dimana ya hehe ini email sy jrachman96@yahoo.co.id thankss

    BalasHapus
  117. Mas adi saya juga minta range nya selama pemasangan behel dan berapa lama menggunakan behel agar gigi benar-benar rapih.
    Ini email saya Mas risayani1@gmail.com

    BalasHapus
  118. saya ada rencana pasang behel. Boleh tau harganya biar bisa mengira2
    yusifaalawiyah27@gmail.com

    BalasHapus
  119. Mas adi saya baru pasang behel dua hari ini, kebetulan sebelum pasang behel saya sudah sariawan di bagian kanan atas depan gigi taring. Setelah pemasangan behel sariawan saya makin lebar, krna bracketnya bersarang di ariawan saya. Sariawan sya pun menjadi parah, jdi berlubang gtu mas dn terkoyak* sisi*nya :(... saya menggunakan alb*til tapi memperparah sariawan dn kulit mulut saya mas. Jdwl kontrl saya masih 12hari lagi, apa saya harus ke doktrnya lebih awal atau gimana mas. Mohon bantuanya mas adi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak poppy, coba pake wax/lilin untuk behel, jadi nanti waxnya dipasang di bagian behel yg mengkoyak. Supaya behelnya tidak terasa tajam.
      Bisa dibeli di apotik/toko alat medis :)

      Hapus
  120. Hai mas makasi buat infonya buat info harga bisa minta listnya ga mas ini email aku elsameila16@gmail.com dan mau nanya masnya ini pasang di rs atau puskesmas?

    BalasHapus
  121. Mas saya pngen tau harga behel nya. Tolong kirim ke email iqbalrohimalfarisi@yahoo.com thanks

    BalasHapus
  122. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  123. mas adi minta range harga sama tempat mas pasang behel ya, kirim ke email niko.jordan00@gmail.com thx.

    BalasHapus
  124. mas adi minta range harga sama tempat mas pasang behel ya, kirim ke email niko.jordan00@gmail.com thx.

    BalasHapus
  125. kaa adi blh minta range harga sama tempat (alamat ) kaka psg behel ga ? kirim ke email hasnaalyaa92@gmail.com makasih kaa

    BalasHapus
  126. Bagus bingitssss... aq bru pasang nih. Psng yg ST. Psangnya skitar 5 jt an. Mudah2n hasilnya memuaskan.

    BalasHapus
  127. mas adi minta range harga sama tempat mas pasang behel ya, kirim ke email Yunitahandayaningsih@gmail.com mksh,, ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  128. Selamat sore mas, mohon pencerahannya. Saya baru pasang behel 2 hari, dan rasanya pengen langsung dicopot lagi. Ternyata pakai behel ga enak. Di hari kedua saya merasakan salah satu gigi saya goyang. Apakah itu normal? Memang kesalahan saya tidak ke drg spesialis ortho. saya cuma ke drg biasa. Apakah itu bahaya? Lebih baik saya pindah ke dokter spesialis ortho ato tetep di drg gigi non spesialis ini ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. gigi goyang itu normal kok, tapi kalo sakitnya kebangetan lebih dari 3 hari, coba cek lagi ke dokternya mudah-mudahan ada solusinya. jaga juga pola makannya denga menghindari makanan keras.

      Hapus
  129. Mas, minta range harga behelnya boleh, pengen pasang behel juga soalnya @rizkalaila74@gmail.com

    BalasHapus
  130. Mlm mas... sy mau tanya klo giginya sdh ompong 2 kanan 1 kiri bs g ya pasang behel?? trs utk rontgen kita dpt surat pengantar dr dokter nya atw g? Mksh mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. setayuntuk gigi ompong bisa pasang gigi palsu dulu, baru kemudian dipasang behel. Karena rahang kanan kiri harus seimbang dengan jumlah gigi yg sama.

      Iya ada surat pengantar.

      Hapus
  131. Mas adi, sy juga mau donk dikirimkan range biaya perawatan dari mas pakai behel sampai lepas behel. thx mas...
    mustika.ei@gmail.com

    BalasHapus
  132. Mas adi , sya boleh tidak mnta kirimin range harga dan PIN bb mas. Terimakasih mas. v3.beautifully@gmail.com

    BalasHapus
  133. saya pasang behel udah memasuki bln ke2 tp ko kynya blm ada perubahan y, saya pake behel jenis metal, apakah d***n lbh efektif dr pd m***l y mas adi?gigi saya yg bermslh bagian atas yg agak maju dan carang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah 2 bulan belum signifikan, pada dasarnya beda-beda tiap orang. baru bener-bener keliatan minimal 6 bulan.

      Hapus
  134. pegen tau dong kalo pasang atasnya doang biaya kisaran berapa ya? email ke nurhasanahhayati@gmail.com

    BalasHapus
  135. Minta range harganya ya.. ke tiaraadindasari@gmail.com terimakasih..

    BalasHapus
  136. Mas bro, info range harganya please, kirim ke eltaufik3@gmail.com , makasih mas bro, ane doain makin ganteng mas bro,

    BalasHapus
  137. Hai boleh minta range harganya? Nih kak Irenarizkyf@gmail.com thankyou๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  138. Hai boleh minta range harganya? Nih kak Irenarizkyf@gmail.com thankyou๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  139. mas,. saya mau tanya,.
    hari ini saya pake behel H+2. saya pake atas aja. gigi saya rasanya ngilu untuk makan atau kalau gigi atas kena gigi yang bawah,.itu wajar atau tidak yah?
    lalu kasus gigi saya itu 1 gigi depan mundur ke belakang,.
    kira kira bisa rata dengan gigi yang lainnya gak yah??
    saya pasang di dokter gigi. tapi bukan spesialis. dia praktek di rs dan di rumahnya juga..

    BalasHapus
  140. mas,. saya mau tanya,.
    hari ini saya pake behel H+2. saya pake atas aja. gigi saya rasanya ngilu untuk makan atau kalau gigi atas kena gigi yang bawah,.itu wajar atau tidak yah?
    lalu kasus gigi saya itu 1 gigi depan mundur ke belakang,.
    kira kira bisa rata dengan gigi yang lainnya gak yah??
    saya pasang di dokter gigi. tapi bukan spesialis. dia praktek di rs dan di rumahnya juga..

    BalasHapus
  141. kak kirim range harganya boleh?
    liinasa@yahoo.com
    mkaaihh

    BalasHapus

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...