Kamis, 02 Agustus 2012

Solusi ketika Bracket Behel Tertelan?

"Tidaaaaak...... ", adalah kata pertama yang saya ucapkan ketika saya kehilangan bracket behel yang menempel di gigi saya akibat copot, lalu kemudian bracket tersebut tak sengaja tertelan bersama makanan.
Kejadian tertelan bracket ini sudah lama terjadi beberapa bulan yang lalu.

Ceritanya, ketika hari itu saya sangat bandel dan tidak mengindahkan perkataan drg ortho saya yang melarang makan-makanan keras. Kebetulan makanan yang disajikan ibu saya hari itu adalah gorengan yang crunchy yang agak keras. Hari itu juga saya embat beberapa gorengan tersebut dan makan sangat lahap.


Tiba-tiba suara 'krek' terdengar dari gigi belakang. Dan ketika saya cek ternyata bracket saya copot. Karena merasa sudah biasa dengan copotnya bracket, saya biarkan saja bracket tersebut menggantung di kawat dan tetap melanjutkan makan gorengan hingga habis. Sebelum hal ini terjadi, saya sudah sering banget copot bracket disana-sini gara-gara bandel makan-makanan keras.. 


Oleh karena kejadian ini sudah terjadi berulang-ulang, lidah selalu mengecek keberadan bracket yang copot itu, hingga tiba-tiba saya merasakan kejanggalan. Bracket yang copot tersebut tidak terasa menggantung lagi di tempatnya. Dan ketika dicek, ternyata bracket saya tidak ada di mulut, arghhhh bracket saya tertelan!!!
Hingga akhirnya pada hari itu saya menghubungi drg ortho yang merawatnya saya, dan bertanya apa yg harus saya lakukan dengan bracket yang tertelan?

Dokter saya menjawab, "Ga usah dipikirin, nanti aja pas kontrol diganti. Yang udah ketelan biarin aja". Kurang lebih jawaban dokter saya seperti itu. 

Dan saya ga perlu khawatir jikalau dokter saya kehabisan bracket, karena sebenarnya mereka(para drg ortho) punya banyak sekali cadangan bracket yang siap menggantikan bracket saya  yang hilang.

Saya kemudian bertanya lagi,  
Apakah bracket tersebut berbahaya dibiarkan tertelan?

Dokterpun menjawab, "tidak apa-apa. Meskipun bracket itu keras dan terbuat dari logam, tetap saja nantinya akan keluar bersama poop(tinja). Jadi kamu ga perlu khawatir". Pada dasarnya bracket yang baik didesain tidak menggunakan logam beracun dan tidak akan membahayakan penggunanya jika tertelan.

Kemudian pertanyaan saya selanjutnya yang bikin saya deg-degan adalah masalah ganti rugi kalo bracket hilang. dokterpun menjawab, "Kita liat nanti ya..", argh stresss. 

Kebayang kalo ganti ruginya mahal bisa ribet soalnya kondisi keuangan juga lagi kurang baik. Yang saya dengar dari cerita yang lain, jika kita kehilangan satu bracket, maka kita dikenai biaya penggantian bracket sebanyak jumlah bracket yang terpasang di rahang atas/bawah. Dan dipastikan harga yang dikenakan bakal sangat besar dengan kisaran jutaan rupiah. 

Beberapa hari kemudian saya mengunjungi dokter untuk melakukan kontrol. Dokter saya akhirnya memberitahukan berapa besaran biaya yang harus saya keluarkan untuk bracket yang hilang. Dan beliau pun menjawab, ganti ruginya sebenarnya besar akan tetapi saya cukup dikenakan harga bracket satu biji... hanya satu biji saja! karena stok bracket yang dimiliki dokter saya agak berlebih, jadi saya dikenai biaya seharga sekian ratus ribu rupiah .

"Fiuhh...", saya bersyukur karena ganti ruginya tidak terlalu besar. Akan tapi, tetap saja saya merasa gara-gara gorengan 1 biji, maka saya harus mengganti 1 bracket saya yg jauh lebih mahal. Sedih plus ngenes juga sih, tapi ini adalah pelajaran yang bagus agar saya selalu mengecek bracket setelah makan dan memastikan bracket saya tidak copot karena tindakan sembrono.

Sejak kejadian ini terjadi, kalau pun bracket saya copot, saya akan mencabutnya dari kawat agar tidak hilang lagi. Dan menyimpannya baik-baik hingga waktu kontrol, hingga dokter kemudian memasangnya lagi.

Teman-teman pengunjung yang mau bertanya, tolong bedakan mana behel/bracket, kawat/archwire. Ada contoh gambar tersaji di bawah. Kasus saya hanya copot bracket saja.




Gambar bracket (dari https://blog.sesamehub.com/nikolovski-john96/files/2013/04/Dr.-John-NIkolovski-Braces.jpg)

121 komentar:

  1. kalau foto rontgen Cephalometric sebelum pemasangan kawat gigi htgnya brp ya?
    tolong diinfoin aja ke
    wonderlandcmtrue@yahoo.com |thanks|

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di lab rontgen terdekat mbak, seperti lab prami*ha atau RS terdekat.

      Hapus
    2. Ujung behel aku yg dikaitkan itu tertelan bahaya ga ya ?

      Hapus
  2. halo mbaaak, saya juga udah telan satu behel ini, allahu akbar.. saya takut :( tapi sejauh ini alhamdulillah ga sakit sih, berarti ga papa yah kak? hih serem :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cowo bukan mbak2.. :)
      mbak ga akan kenapa-napa karena nanti behelnya keluar bersama feses, seperti halnya biji jeruk dan kacang, semua keluar bersama kotoran..

      Hapus
    2. Tpi klo misalkan nyangkut di tenggorokan gmna

      Hapus
    3. coba hubungi dokter terdekat.

      Hapus
  3. gila.. gw aja baru tertelan button nya... yah hampir sama kayak bracket cuma untuk mengaitkan sesuatu... gara2 udah pingin banget makan pisang goreng... dan tak segan2 yg tertelan 2 biji lo. 2. bayangin aja coba gmn horornya perasaanku skrg. cuma krn aritikel ini ya semoga gak apa2 deh.. hehehehehheheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anggap aja lagi debus mbak, orang makan beling, ini makan behel. hehhe

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Oh ya saya jg mau bertanya,,bahayakah jika kawat panjang penyangga dan penyambung breket patah dan tertelan?soalnya kejadiannya jg sama pada saat saya makan bakso urat,ternyata bagian ujung kawat panjang yg di kaitkan ke breket pengait tiba2 patah dan tertelan.Dan yg ingin saya tanyakan bahayakah patahan kawat panjang penyangga breket itu apa bila tertelan?dan apa yg harus saya lakukan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pikir jika ukuran kawat yang tertelan tidak lebih besar dari biji jeruk, kondisi mbak marcela akan baik-baik saja.
      Banyak makan buah dan sayuran yang kaya akan serat supaya kawat yang tertelan dapat keluar (saat BAB) dengan lancar.

      Hapus
  6. Gmna cara masang kawat yg lepas dr pengaitnya yg d gigi belakang itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada alatnya semacam tang penjepit(punya dokter), biasanya pengait behel yang menempel di gigi dekat gigi belakang akan dilepas dulu, kemudian kawat akan ditarik, ditekuk kemudian dimasukkan ke dalam behel gigi belakang.

      Hapus
  7. Harga 1 bracketnya brpa an?? 500 rb lebih

    BalasHapus
  8. Kak saya mau bertanya
    Saya baru saya tertelan per yg ada dibehel saya
    Apa itu ngga apa2??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pikir tidak apa-apa, namun baiknya coba tanya ke dokter mbak.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Kak baru 2 minggu pasang behel tp ini udah copot bracketnya.. trus skrg nggantung? gmna ini kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. copotin aja, simpen bracketnya sampai nanti kontrol lg ke dokternya. Nanti dipasangin lg kok

      Hapus
  11. Baru aja ketelen. Alhamdulillah klo gpp.

    BalasHapus
  12. aduh kak bracket ku juga lepas 1 yg atas paz lg mkn krupuk tpi untung nya lgsg nyadar ada yg aneh paz ngaca ehh trnyta ada yg copot deh tu
    yg pernah ketelen tu karetnya gak trasa dn gak nyadar sm sekali tw" udh ngilang dn gak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah, nanti keluar sendiri sama poop

      Hapus
  13. Alhamdulillah klo ga pa2, gara2 kmren pngen bnget mkn pisgor, pas lg keenakan mkn lepas bracket yg bawah, mlm nya baru nyadar klo yg lpas 2bracket, tp 1nya ketelan brsama gorengan, jd worry mpe skrg...

    BalasHapus
  14. Ternyata banyak juga pengalaman yg tertelan bracket..aku jg udah 2x nelen bracket.tapi yg sampe skrg masih aku pikirin..pernah tertelan kawat yg panjang..waktu kontrol ke drg,ditanyain mana kawatnya kok gak ada? Langsung deh pucet..kayaknya ketelen..aduh..gimana ini takut kenapa2. Pengen rasanya dirotgen..buat mastiin tuh kawat masih ada apa udah ilang,tapi blm dicoba masih takut.. semoga baik2 aja n gak kenapa2 #just share.. makasih info n pengalaman yg lain nya jg..jadi sedikit berkurang khawatirnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak itu kawat yang patah nanti di ganti dokter apa gimana ka?

      Hapus
    2. Kak mau tanya itu akhirnya gimana kawatnya ketelen, soalmya aku jg baru aja ketelen ��

      Hapus
    3. Terus ada efeknya ngk mbak sampai skrng??

      Hapus
  15. haduh gara gara makan gorengan backet saya tertelan satu biji ,gmna donk apa gk apa2?? saya takut sakit lambung atau usus, gmnan ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bracket ga papa, kan ukurannya juga kecil segede biji beras. nanti juga keluar jadi poop

      Hapus
  16. Saya tertelan KAWAT BEHEL nie... baru td pagi.. kawatnya patah lalu lepas dan tertelan.. kira kira ini bahaya gk..? Soalnya kawatnya kaku... takutnya nusuk dinding usus.. mohon di jawab..

    BalasHapus
    Balasan
    1. baiknya konsultasi ke dokter untuk hal seperti ini

      Hapus
  17. Kak, bracket saya lepas. Cara copotnnya gimana, karetnya susah dilepas.

    BalasHapus
  18. Kak, bracket saya lepas. Cara copotnnya gimana, karetnya susah dilepas.

    BalasHapus
  19. Sata tertelan kawat. Kira' 2cm bahaya ga?

    BalasHapus
  20. Sata tertelan kawat. Kira' 2cm bahaya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga nih kak barusan aja gak sadar kawat gigi tertelan kira kita 5cm :( jd takut.. Bahaya gak sih?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. baiknya konsultasi ke dokter untuk hal seperti ini

      Hapus
  21. PAK dokter saya mau nanya kalau terlepas satu kawat gigi semuanya harus di lepas ya ??? Atau di pasang cuma 1 biji aja pak dokter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan dokter bos, tanya langsung ke dokternya ya bos

      Hapus
  22. Berapa ya ganti satu behel gigi? Punya sy baru aja tertelan jg

    BalasHapus
  23. Berapa ya ganti satu behel gigi? Punya sy baru aja tertelan jg

    BalasHapus
  24. punyaku juga lepas yg paling belakang..tertelan bersama makanan...

    BalasHapus
  25. ooohh aku baru tau ternyata ada ganti ruginya yah? hehe

    BalasHapus
  26. Baru aja ketelen😱
    Alhamdulillah kalo gpp

    BalasHapus
  27. kalo kawatnya lepas bisa dipasang lagi kan ya? ada biaya tambahannya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kawat atau behel? beda loh. Biaya tergantung dokternya ada yang memberi charge ada yang tidak.

      Hapus
  28. sama banget. langsung panik setengah mati. ngusahain supaya muntah tapi gak keluar karena masih pagi blm masuk makanan. Alhamdulillah setelah baca artikel ini sedikit lebih tenang. Thankyou sharing nya

    BalasHapus
  29. Kalau ujung pengaitnya itu ketelen gimana ya grgr makan ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ujungnya yang mana ya? baiknya kamu langsung tanya ke dokter ya

      Hapus
    2. Kak mau tanya ini bracket sama karetnya juga ketelen rasanya kayak ada yang ganjel atau perasaan say , tpi ketika saya makan dan minum tidak merasakan sakit , apakah berbahaya beneran takut sumpah:( sampai pusing

      Hapus
  30. Karet behel saya juga ketelen pas lg makan kerupuk, minta digantikan karetnya skrng atau tunggu kontrol 10hari lgi?mohon dibantu jawab

    BalasHapus
  31. Karet behel saya juga ketelen pas lg makan kerupuk, minta digantikan karetnya skrng atau tunggu kontrol 10hari lgi?mohon dibantu jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pernah makan karet, it's ok kok. Karena ukurannya kecil, ntar keluar bersama poop

      Hapus
  32. kalo saya sih , yang tertelan hanya satu , Tapi ada jugaa yang hilang waktu itu saya lupa naruh�� Truss gimana yaa? kata dokternya waktu itu kalo ada yg copot harus disimpen lagi , tapi udh hilang . Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dokternya biasanya punya stok behel banyak, jadi kalo behelnya hilang, nanti dokternya tinggal pasang yg behel baru.

      Hapus
  33. Baru aja brecketku ketelan , syukur deh klo gpp ..
    Tapi tetap takut juga sih , krna gorengan sih ini .

    BalasHapus
  34. Aku malah patah nih kawatnya duhhhh gimana ya 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib kita sama mbak...Kawat gigi sepanjang kira2 2cm gak sengaja ketelan karena patah..lumayan panik, tapi menurut dr ortodontist aku, gak apa karena akan keluar bersamaan pup. Bener bener gak berasa ketelannya... Kejadian dah selasa minggu lalu😂😂

      Hapus
    2. Trs sampe skrg gimana gan ada efek di pencernaan nggak? Ane barusan ketelan kawat ya kira kira 2cm jg

      Hapus
  35. Boleh bagi infonya, brecket saya yang paling ujung lepas ketika makan kerupuk, nyangkut di brecket nya, & lepas. Tapi kawat nya goyang, apakah bahaya kalau di biarkan untuk beberapa hari menunggu waktu kontrol, atau sebaiknya langsung cek aja? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kawat di ujung yg goyang bikin sariawan karena ujungnya sudah tidak tertahan behel. Baiknya ke dokter aja minta dipasangin.

      Hapus
  36. Kak itu yg bracket copot tapi masih nyangkut di kawatnya itu tinggal dilem apa semua behel harus diganti dri awal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasnaya dipasang lagi/dilem doang. ga dari awal kok

      Hapus
  37. Klo behelnya copot harus langsung ke dokter apa dibiarin smpai waktu kontrol?

    BalasHapus
  38. Kak, kawat saya juga ketelen 1 yg bagian ujung gigi, kalo kyk gt di pasang dokternya dr awal lg atau cm nyambungin yg satunya ketelen itu? Mksih kak

    BalasHapus
  39. AKU JUGA BARUSAN KETELN TP PAS BACA INI JD AGAK TENANGAN PANIKKK BANGETTT -.- #capslocknya jebol hehe

    BalasHapus
  40. Barusan aja karet ketelen. Alhamdulillah deh kalo gakpapa.

    BalasHapus
  41. Ternyata banyak ya yg ketelen hehe, kalo saya copot juga nih behel yg d geraham cm masih njepit kawatnya jadi gelantungan gtu bracketnya mana 3 hari lagi baru bisa kontrol karna libur tahun baru, semoga kita semua bisa lebih menjaga makan kita, jangan bandel terus hehe

    BalasHapus
  42. Aku habis nelenn karet behel 1 biji aja kira kira bahaya kagak kak
    . Tadi baru makan .eh pas ak lihat karetnya dah ga ada ..

    BalasHapus
  43. Mas jika behel copot satu dan hilang kira kira harus ganti berapa duit ya

    BalasHapus
  44. Mba ak juga ketelen behel nya gmna sih yaa mba

    BalasHapus
  45. Aku juga baru ketelan bracket nya.
    Malah udh sampe muntah.
    Kirain bisa keluar.
    Mudah2an gpp lh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh sama mbk. Aku juga gitu. Pas lagi makan gatau kalo bracketnya lepas trus ketelen. Pas dimuntahin kirain bracketnya bisa keluar. Ternyata engga. Semoga gppa 😢

      Hapus
    2. Terus ada tinjakan apa dr dokternya mbak??

      Hapus
    3. Tenang, nanti keluar sendiri sama poop kok

      Hapus
  46. Aduh saya baru nelan bracket nih,, kira2 apa solusiny yah?bahaya ngk. Perlu dioprasi ngak kira2 yh. Mohon infonya

    BalasHapus
  47. Kk kalo kontrol bulanan itu di apain aja sih

    BalasHapus
  48. Gini kan saya baru pemasangan tapi kok lem nya lepas dri gigi sya gimana nih kena biaya lagi atau gk ??

    BalasHapus
  49. kak baru saja aku ketelan 2 karet behel apa itu gk knpa npa tkut bgt soalnya tiba tiba pas ngaca karetnya Udh gk ada tnggrokn msh ada yng nggnjel

    BalasHapus
  50. Aku gara” makan ayam kfc karetny lepas/ketelan dn salah satu behelny itu patah :”)

    BalasHapus
  51. Me too :'( baru aja beberapa menit yg lalu ketelen bracket pas lg makan :'(. Auto panik plus auto takut. Skrg lemes gk bisa ngapa²in gegara mikirin tu bracket yg ketelen :'(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dipikirin to nanti keluar sendiri sama poop

      Hapus
  52. Sama saya juga barusan ketelen liat postingan ini lgsg tenang dikit sumpah lgsung takut bgt dan skrg masih kerasa nyangkut ditengrookan

    BalasHapus
  53. Aku juga baru ketelen, rasanya nyangkut di tenggorokan😫

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan nanti keluar sendiri sama poop

      Hapus
  54. Mau tanya,sebelum nya ada rasa ganjalan di tenggorokan gak?behel saya jg tertelan ini ada rasa mengganjal di tenggorokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya tidak terasa apa-apa. Saya rasa karena ukuran behel kecil sekali.

      Hapus
  55. Barusan saya makan sop, itukan karet saya saya lepas biar ngga ada yg nyangkut pikir saya, eh gataunya malah ketelen 1 abis itu saya muntah2in ngga keluar2 saya takut gimana donggg :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan keluar lagi bersama poop karena ukurannya kecil. saya dulu sering ketelen karet dan ga apa-apa

      Hapus
  56. Ka.. mau nanya.. aku tertelan besi kawat gigi.. gimana dong.. :'( takut jadi kenapa2 lambung saya :'(

    BalasHapus
  57. Saya juga tertelan kawat aman gak siihh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hal ini coba tanya ke dokter orthonya.

      Hapus
  58. Barusan saya makan kerupuk,terasa pengait behel paling ujung gigi tertelan..cemas akut bahaya ga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya ke dokter supaya ada solusinya.

      Hapus
  59. Saya makan trus ngk segaja behel saya copot yg bagian paling ujung eh tertelan nyangkut ditengorokan saya coba buat nelan ee ngk bisa gimana donk solusinya saya harus apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masih khawatir coba konsul ke dokter supaya ada solusinya.

      Hapus
    2. Biarin aja mas ntar juga sembuh" sendiri

      Hapus
  60. Sama.. sy juga barusan makan malam tertelan pengait behel yg ujung dekat tenggorokan...dan masih brasa ada yg nyangkut di tenggorokan.. bgm solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tanya ke dokter supaya ada solusinya.

      Hapus
  61. gilaaa , gue juga udah nelen 2 behel . mantaap , nelen 200rb dooonk yaa . padahal cm maem mie doang LOL

    BalasHapus
  62. aku juga takut bgttt yang lepas tu dibagian atas kanan namanya pengunci bukansi, nanti gimana dongg. berapa ya habisnya ):

    BalasHapus
  63. aku juga takut bgttt yang lepas tu dibagian atas kanan namanya pengunci bukansi, nanti gimana dongg. berapa ya habisnya ):

    BalasHapus
  64. Saya juga ketelen brcket behel nya yang bawah ,bagian pengunci paling ujung, kira² bakal keluar bareng poop ga ya kak?

    BalasHapus
  65. Kak brackey saya juga lepas gantung di kawatnya sedangkan waktu kontrolnya masih lama gara2 libur, kalau dilepas disimpen trs kawatnya gimana kak, soalnya kan kawatnya jd nongol gitu

    BalasHapus
  66. Aku malah ngorek" tinja abis mengetahui breket saya hilang tertelan.saya langsung pup dan ngorek" tinja.aku kira itu bahaya ternyata enggak uhhh selamat😭

    BalasHapus
  67. breket ku hilang satu, dokternya bilang dikenakan biaya awal pemasangan atas bawah ganti baru.. sedih banget aku tuh.. padahl hilang sebiji, tapi dsuruh pasang ulang, ya allah mana abis kena musibah gak ada uang buat pasang baru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh ternyata dokternya salah paham di kira aku mau pasang baru heheh cuma kena biaya 125rb ternyata aahh bersyukur hehehe

      Hapus
  68. Saya baru semalam makan nasi biasanya kawat giginya yg mengantung di gigi graham bawah yang ompong saya pasang klo lepas eh malah lepas dan tertelan kira"2 cm. Apa berbahaya ya? Jujur serasa nyangkut di tenggorokan kawatnya. Dan saya takut kenapa napa.

    BalasHapus
  69. Maksudnya bukan lepas tapi patah maaf revisi kalimat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus gimana kak kelanjutannya? Saya kemarin juga iya. Gr2 makan wafle tb2 kok yg biasa gantung gk ada.. yakin panik

      Hapus
    2. Lalu, bagaimana keadaan mba sekarang? Ada keluhan tidak di sekitar perut/dada? Saya 3 hati yang lalu tertelan kawat behel sepanjang 3 cm.. Panjang kan? Dan saya merasa di dada ada sesuatu yang mengganjal. Entah saya harus bagaimana, saya mau ronsen tapi takut dengan kenyataan, saya mau konsul dengan dokter behel saya, takut dimarahi,, , ya Allah tolong lindungi hamba dari berbagai penyakit..

      Hapus

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...