Sabtu, 11 Mei 2013

[Random] Tips dan trik bertanya

Jadi gini nih ceritanya, suatu hari ketika gw sedang capek-capeknya beraktifitas, kemudian balik ke kosan.
tiba-tiba gw kepikiran untuk surfing beberapa hal yang masih stuck di pikiran gw..

Entah kenapa malam itu terasa sangat gerah, bulu-bulu roman badanku begidik seolah ada jurig sedang menggelitik. Kemudian gw menyalakan lagunya ayu ting-ting yg berjudul sik asik. Kemudian gw disemprot temen gw sebelah karena berisik... hehehe

Gw menemukan satu trik yang amat sangat mengagumkan, dahsyat, ekstrentik, fantastik, energik dan romantik!!

1. Belajar bertanya tanpa jawaban
kemudian apa yang gw lakukan setelah itu adalah gw surfing, kemudian ngetik di gugel, 'bagaimana caranya bla..bla.. blaa ...'
Kemudian ada satu postingan yang menurut gw lucu,

'mas bagaimana caranya nurunin berat badan tapi olahraga aja ga sempet'

'mas gimana caranya lulus sarjana informatika tapi koding aja gw belum lancar?'

'mas gimana caranya jago masak, tapi ke pasar aja gw belum sempet'

nah tipe-tipe kayak gini nih yang bikin stres. Mereka bertanya dengan jawaban yang udah jelas-jelas ada di pelupuk mata mereka. Kalo mau nurunin berat badan kan harus olahraga lah.. mau lulus informatika, wajib bisa koding lah. Pengen bisa masak, ke pasar dikit napa... 

Kadang gw harus nepok jidat sampe salto kayaknya baru deh orang kayak gini musnah dari muka bumi..
Huahahahhahah *ketawa setan* 



2. Bertanyalah karena memang penting untuk ditanyakan.
Pernah ga lu ketemu temen sendiri, kemudian di tanya hal yang bodoh banget...
Misalnya, ada adek kelas nanya ke lu, 'Kak gimana caranya bisa jatuh cinta?' 

Pasti ada satu momen dimana lu akan berpikir, kok bisa ya dia nanya sebodoh itu.

Ekspresi pertama yang akan lu lakuin pasti cuman tiga,
1, 'dia nanya krn bener-bener gatau'
2. 'dia bertanya pertanyaan yg jenius banget, sampe gw bener2 ga kepikiran sampe kesana'
3. 'dia bodoh' *kemudian lo nepok jidat sendiri*

'Dear everyone, think before asking, asking when u need something important to know' 

3. Bertanya kepada orang lain bisa ngasih solusi
Bertanya kepada orang lain bisa ngasih solusi, alasannya simple. Lu cuman butuh jawaban yang bener-bener representatif terhadap masalah lo.
Lo pernah kan tersesat di jalan, hal pertama yang lo lakuin adalah bertemu dengan orang yang terlihat lama dan besar di area yang lo sedang hinggapi. Misal tukang becak, ojek atau pedagang kaki lima..
jangan pernah deh bertanya ke orang yang belum tentu tau, misalnya petugas P3K

Kalo bertanya sama turis asing, lo yang malah ditanya balik 'kemane aje lo, gw yg turis aja kagak tau, apalagi lo' 

4. Bertanyalah dengan subject yg jelas

Pernah gw ketemu sama orang 'Dek, tau ga kemana  jalannya yg tempat situ, tapi deket kesana'

Gw mesti jawab apa coba 


5. Bertanyalah kepada google terlebih dahulu

    Orang jenius pasti nanya dulu gugel kalo gugel gatau, kalo gugel aja gatau berarti lu wajib tanya ma Tuhan, dan kemudian menerima takdirNya karena tuhan menjawab dengan caranya :')  *kemudian jadi super religius * 


6. Bertanyalah atau kau akan tersesat di jalan
    Nah kalo lo lewat daerah yang sama sekali baru, lu wajib nanya ke temen lo, pejalan kaki, PKL, tukang ojek, tukang semir patu, tukang sedot WC juga boleh..
Dan aturan pertama yang harus lo tau adalah lo bukan rambo yang nyasar ke hutan kemudian bisa balik lg ke kota dengan secuprit keajaiban di tengah film. 
Dan satu lagi, jangan pernah sekalipun bertanya pada rumput yang bergoyang.. 



7. Bertanyalah tapi jangan maksa
Lu ga perlu nanya, Ga perlu nyolot kenapa poin ke 7 seperti ini.. 


8. Bertanyalah atau lo ditanya duluan
Sebaiknya kalo lo lagi bingung, mendingan lo berpikir untuk bertanya hal yang pengen lu ketahui. Jangan sampe ditanya duluan, misal gw nih: Lu berjalan dalam keadaan sedang galau, kemudian ada anak kecil nanya ke lu, 'Bang kamu single ya?' 

kemudian gw kaget sekaget-kagetnya, jantung copot, bumi berguncang, langit runtuh,
'iye, gw emang single' 
Kemudian detik itu lu jadi galau *kemudian makan terasi sekilo*


Sekian dan terimakasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...