Senin, 11 Januari 2016

Belajar nyetir mobil

"Hey, kamu bisa nyetir mobil ga?", tanya temanku.
"enggak...", jawabku ketus, "tapi kalo kamu mau aku setirin mah gapapa, asal pahala nya banyak dan ada asuransinya", candaku
"jiahhhhhh... aku belum mau mati", jawab temanku balik becanda.

Bisa nyetir mobil adalah sebuah keharusan pria masa kini. Naek motor? Jalan kaki? Sepeda?.. boleh aja sih. Tapi kan kalo punya anak dan istri, emang setega itu kamu tidak mengantar mereka kalo ada apa-apa. (iya juga sih, tapi kan saya belum merid pak!)

Skip curcolnya... hehe
Jadi ceritanya, karena saya bertekad maksimal tahun 2015 bisa bawa mobil, saya mencoba peruntungan dengan mendatangi sebuah tempat les nyetir mobildengan pengalaman nyetir 0%. Sisanya pengalaman biasa seperti  ngenekin mobil orang , co-driver juga sering, tapi kalo urusan belajar mah beda cerita.
Pilihan pun datang, mau les mobil matic/manual. akhirnya saya pilih manual, karena manual lebih menantang. Ini bener banget. Dan jadwal pun saya pilih level pemula 6x pertemuan dengan masing-masing 2 jam. Mobil yang dipakai Xenia.

Hari pertama, saya diajarkan tentang fungsi-fungsi dasar peralatan yang ada pada kemudi. Stir, lampu sen, hazard, wiper, jok, pedal gas, kopling, rem, gigi persneling, dan power steering. 
Kemudian saya belajar start mobil dari awal, yaitu dengan menggunakan gigi 1 + setengah kopling. Ini menantang. karena karakteristik kopling mobil dan motor memang mirip tapi kalo mobil, kita tahan setengah lepas pelan-pelan, terus dia akan maju sendiri. Kalo motor, kita pada gigi1 + lepas gas tanpa nahan kopling bisa mati tengah jalan.

Yowes balik lagi ke awal, setelah bisa majuin mobil, tantangan selanjutnya adalah belokan ke kiri. Belokan 90% harus muter 2-3 setir,sempet mati di belokan gara-gara timing lepas kopling sama muter balikin setir ga tepat. ..wkwkwkkw gini nih kalo biasa maen bom-bom car di dufan.

Hari kedua, ngelancarin nyetir sambil kemudian muter-muter komplek, setelah belokan ke kiri lancar. Belokan ke kanan pun dimulai.  ada perbedaan yang cukup signifikan mengenai timing saat belok kanan dan kiri. Kalo belok kanan, kita ga terlalu cepat muterin stir. dan harus liat kanan kiri lebih baik.
Setelah agak lancar, saya pun mencoba ke jalan luar komplek yg agak ramai. Mulai deh saya kelagapan liat motor sebelah kanan nyalip-nyalip.  Kemudian ketemu mobil parkir, jadi harus bisa nyalip dikit. Terus nyobain transisi gigi 1 ke 2.

Hari ketiga melancarkan yang kemarin, masuk ke jalan lebih kecil. Belokan lebih susah dan sempit, agak menanjak naik dan turun. Lalu kemudian mencoba masuk jalan protokol yg ramai. Sempet mati pas belokan gara-gara kaget, terus kopling ga diinjak full. .. hahahaha. tapi alhamdulillah lancar, kemudian saya mencoba lagi. Transisi gigi 1-2-3.

Hari keempat ini sekaligus 4 jam (2 pertemuan sekaligus), saya mencoba lebih jauh lagi, masuk ke jalan protokol. Ketemu macet-macetan dan akhirnya menghadapi pegel nginjek kopling. hehe

Hari kelima, saya belajar nanjak-nanjakan dan turunana. Maen setengah kopling dengan paduan rem tangan dan kegesitan menginjak gas. Timing rem tangannya dan gas harus tepat,, Menyebalkan karen mundur mulu haha.. tapi ini seru. Ini tantangan. !!! Akhirnya bisa juga, alhamdulillah selesai sudah.

Secara garis besar, belajar mobil itu mudah kok. Hal-hal utama yang saya dapatkan adalah
1. Jangan bikin target muluk-muluk. Biasanya orang yang belajar nyetir memiliki tuntutan seperti harus ke luar kota lah, dsb. Hal ini akan mengganggu proses belajar karena bikin tegang dan tidak rileks. Buat target simple tapi masuk akal, misal mengantar orang tua ke swalayan sambil bawa mobil.  Itu bikin belajar lebih nyaman.

2. Sudut penglihatan 60-65% kiri, 30-40% kanan. Selalu pastikan patokan mata selalu ke kiri. Karena kiri ada bagian jalan yg bisa kita lalui. Sedang kan bagian kanan ini sudah jalur orang lain dari berlawanan, dan juga jalur nyalip motor. 

3. Akselerasi mobil lebih lambat dari motor. Sering kali kita latah, liat motor berakselerasi cepat sekali sering kali kita terbawa suasana ingin menyusul. Sadari saja sejak awal, mobil itu akan lebih lambat dari motor saat kondisi ramai. Jadi jangan terbawa suasana. Pastikan keamanan dan kenyamanan adalah yang utama.

4. Belajar membagi jalur. Pada jalur sempit, kita biasanya akan berusaha berbagi jalur dengan orang lain. pastikan kita dan mobil dari arah berlawanan bisa masuk ke jalur sempit tersebut. Hal ini juga berguna saat kita melintasi jalan yang banyak parkiran mobil dan orang-orang yang berjalan kaki.

5. Lampu sen itu penting. Udah jelas ya.

6. Hazard.

7. Power steering akan sedikit berbeda saat kita melaju lebih cepat/lebih lambat.

Mungkin segitu dulu ya, saya juga masih belajar. Semoga kalo ada rejekinya nanti saya bisa beli mobil :)
Aamiiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...