Minggu, 10 Agustus 2014

Berbagi Pengalaman Seputaran Seleksi CPNS

Seleksi CPNS 2014 makin marak. Saya ingin berbagi sedikit cerita tahun lalu saat saya masuk salah satu lembaga kemudian lolos hingga menjadi CPNS saat ini. Pertanyaan yang ada di kepala saya saat itu sama seperti pertanyaan kamu-kamu yang sekarang ingin menjadi CPNS.

Seleksi CPNS menggunakan CAT(sistem komputer), gambar dr google


Definisi CPNS

Bedanya CPNS sama PNS?
CPNS = calon Pegawai Negeri Sipil, atau bisa dikatakan PNS yang mengalami masa percobaan selama jangka waktu tertentu. Setelah masa percobaan berhasil dilalui (biasanya setahun), kamu bisa diangkat jadi PNS. Prosesnya mirip seperti swasta, ada percobaan kemudian menjadi karyawan tetap.

Seleksi CPNS

Apa itu Seleksi CPNS?
Seleksi/audisi sederhana untuk mengumpulkan kandidat CPNS yang akan direkrut.

Tahapan seleksinya seperti apa?
Ada ujian kompetensi, tahun kemarin ujian tertulis/komputerisasi seperti Tes Kompetensi Dasar(TKD) dan tes khusus lain(optional), wawancara. Dan jika kamu lolos wawancara kemudian registrasi ulang menjadi CPNS. Untuk TKD Biasanya meliputi wawasan kebangsaan, logika matematika dalam cerita narasi, sejarah Indonesia, undang-undang dasar 1945, Undang-undang, Perpres. Untuk ujian dengan komputerisasi sekarang disebut CAT.

Apa itu tes CAT?
contoh kuesioner dr google docs


Tes menggunakan komputer, jadi kalo kamu biasa mengisi jawaban dengan membulat hitamkan lembar jawaban komputer(LKJ). Sekarang kamu cukup mengklik-klik jawaban di komputer. Mirip seperti kuesioner di Google Docs gitu..
Selain aman, cepat diisi dan bebas calo, Hasil tes yang dilakukan juga akan segera diumukan begitu tes selesai. Cepat banget kan?

Untuk kelengkapan administrasi seperti legalisir ijasah, SKCK dan Surat Sehat  bagaimana?
Sebaiknya disiapkan dari sekarang, terutama legalisir fotokopi ijazah dari SD hingga pendidkan terakhir kamu. Biasanya legalisir SD hingga pendidikan terakhir akan diminta saat registrasi ulang(setelah kamu lolos tes wawancara)

Akreditasi jurusan/ universitas bagaimana?
Tergantung lembaga/kementrian, jika mereka meminta akreditasi untuk surat keterangan akreditasi maka berikan saja(dari univeristas kamu)

Penempatan Kerja?
Nah ini yang harus kamu perhatikan, jika kamu  melamar perhatikan instansi kamu letaknya di kota/daerah mana.


TENTANG GAJI
 Perbedaan Gaji CPNS/PNS dengan swasta?
Gaji PNS = gaji pokok + tunjangan lain + honor(optional). Jumlah bisa berubah tiap bulan.
Gaji Swasta = Take Home Pay( Gaji + tunjangan). Biasanya jumlahnya tetap tiap bulan.

Jadi Gaji pokok tidak sama dengan Gaji total PNS/CPNS.

Besaran Gaji yang diberikan?
Tergantung pendidikan terakhir yang kamu tempuh, jika pendidikan kamu S2 maka masuk golongan IIIB. Gaji pokok golongan IIIB sekitar 2,4 juta( berdasarkan PP no 34 tahun 2014)
Aturan Gaji pokok yang diberikan untuk CPNS adalah 80% dr gaji pokok. Maka kamu mendapatkan 80%x 2,4 juta = 1,9 juta. Untuk tunjangan lain biasanya tidak ada potongan.

Masalah gaji, apakah CPNS langsung digaji?
Tidak langsung, biasanya harus menunggu Nomor Induk Pegawai(NIP) beres diproses dari Badan Kepegawaian Negara(BKN) yang bisa memakan waktu berbulan-bulan. Begitu NIP beres, gaji dan tunjangan langsung dirapelkan di tanggal 1 bulan berikutnya.

Tunjangan apaaaaaakabar nih, apakah untuk CPNS ada?
Ada, tunjangan umum. Syukur-syukur kalo lembaga/kementrian yang kamu lamar sudah ada Remunerasinya karena ada tunjangan kinerja. Untuk daerah tertentu/terpencil ada tunjangan khusus.


Bagaimana dengan Sistem Penggajian CPNS, apakah sama dengan PNS?
Sama, tiap tanggal 1 awal bulan, gaji pokok masuk rekening. Tunjangan menyusul biasanya.


JOBDESK

Jobdesk seorang CPNS?
Macem-macem tergantung skill yang kamu punya dan jabatan yang kamu lamar. Biasanya sih kamu dituntut segala bisa multitalent.. hehe



TIPS

Tes CPNS selalu sama/mirip tiap tahun
Tes CPNS selalu memiliki pola yang sama tiap tahun, baik  soal, wawancara dan tes tertulis lainnya. Hanya saja materi tiap tahun berbeda-beda. Oleh karena itu sebaiknya kamu latihan berulang-ulang hingga bisa hafal diluar kepala.

Latihan Bahasa Inggris
Saat wawancara, saya kaget karena diminta bicara dengan bahasa Inggris. Untungnya saya mampu menjawab dengan lancar walau agak terbata-bata. Tentu bisa ngomong how are doing? Great to meet you itu memberikan kamu nilai lebih dihadapan para pewawancara. Iya kan? :)

Info tips syarat melamar dari Situs Pencari Kerja CPNS bagaimana? Apakah bisa dipercaya?
Pernah teman baik saya bertanya, katanya syarat melamar CPNS itu harus bla..bla.bbla karena saat itu dia baca dari situs pencari kerja mengenai syarat melamar menjadi CPNS. Kenyataan di lapangan yang saya temui, syarat melamar beda-bedaaaaaa. Ada yg minta akreditasi, ada yg tidak. Ada yang minta surat sehat puskesmas, tapi ada yg minta dari RS. 
Intinya, baca syarat melamar yang diminta instansi yang kamu lamar. Semua syarat tersebut tidaklah mutlak dan pasti beda tiap lembaga/kementrian satu dengan yang lain. :)

Percaya Diri
Nah ini yang paling penting, kamu kamu tahu medan tempurnya seperti apa, kamu pasti bisa lolos. Percaya dan berdoa pada Yang Kuasa.

Kata terakhir
Untuk pertanyaan yang agak private, boleh mencantumkan email kamu. Nanti saya akan kontak balik dr email saya :)
Kalo ada pengalaman lain, mohon masukkan kritik dan wejangannya. 
See you and goodluck with your examination.. You can do it!  :)

4 komentar:

  1. Untuk tes TKD perlu persiapan dari awal,
    coba browsing www.cpnscatonline.com
    ada simulasi onlinennya juga, sehingga tidak perlu repot lagi mencari website yang menyediakan simulasi online.

    Semoga informasi ini dapat membantu

    BalasHapus
  2. Kalo boleh tau thp anda brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk seleksi ada tiga tahap, untuk di kementrian lain mungkin lebih dari tiga.

      Hapus

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...