Kamis, 14 Agustus 2014

[My tips] Menurunkan Berat Badan 5 KG dalam 3 Bulan

Well this is my post since i was lose my 5KGs, that's a lot of weight because i eat a lot and not aware with my own food.

Jaman SMA beratku cuman 55-57 Kg, dengan tinggi badan 173cm.  Dengan tubuh seperti itu, aku tidak kesulitan memakan apapun karena metabolisme mu cukup baik (karena sempet maen basket dan futsal)

Hingga kemudian pola hidup saya berubah terutama setelah beres kuliah...

Cerita ini bermula ketika saya memiliki berat badan yang fluktuatif sehingga membuat saya tidak mampu mengontrol pola makan. :(
Setahun yang lalu saya punya berat badan nyaris 70 KG (dengan indeks massa lemak 23%, batas atas BB normal) gara-gara makan tiap hari sangat banyak.(Kebetulan saya termasuk orang yang suka stress dengan kerjaan, jadi pelampiasan dilakukan saat makan :] )
.
.
.
Ini menu makan saya waktu itu:

Sarapan : - Susu
                - Mie Instan/Gorengan/Bubur (opsional)


Makan Siang(pilih salah satu) : - Gado-gado
                                                - Nasi Padang
                                                - Mie ayam baso
                                                - Nasi warteg(Nasi Telor/Daging, Sayur, Tempe/Perkedel)
Makan Malam  : -Nasi Kotak(Nasi Telor/Daging, Sayur, Tempe/Tahu, Jeruk, Kerupuk)

Kegiatan saya biasanya : Jalan kaki tiap hari (25 menit), di kantor (9 jam duduk, sekali-kali jalan keluar)

Asupan lain : Teh/Kopi + Gula 2-3 sendok + kudapan
.
.
.

Kira-kira kalori yang saya butuhkan sekitar 1600-1800 sehari. Sedangkan asupan makan saya sekitar 2000an kalori. Otomatis tahun kemarin saya naik drastis dari 64 KG(Desember 2012) ke 70 KG(Juni 2013). Wadefakkk...

Saya menemukan fakta bahwa ketika saya mengkonsumsi protein dan lemak, tubuh saya tidak mampu meluluhkan kedua senyawa karbo itu dengan baik.

Kemudian saya membaca berbagai cara diet, di kaskus, nanya temen, baca tips dan trick.

Akhirnya saya menggunakan metode diet sederhana, dengan mengurangi asupan karbohidrat dan lemak serta menaikkan metabolisme secara bertahap.

.
.
.
Ini menu diet saya waktu itu:

Sarapan : - Susu
                - Mie Instan/Gorengan/Bubur (Seminggu 2x)


Makan Siang(pilih salah satu) : - Gado-gado
                                                - Nasi Padang
                                                - Mie ayam baso
                                                - Nasi warteg(Nasi 1/2 ,Telor/Daging, Sayur(diperbanyak),   Tempe/Perkedel)
Makan Malam  : -Nasi Kotak(Nasi Telor/Daging, Sayur, Tempe/Tahu, Jeruk, Kerupuk)

Kegiatan saya biasanya : Jalan kaki tiap hari (25 menit), di kantor (9 jam duduk, sekali-kali jalan keluar), senam harian(3-5 menit, push up, sit up biasa, serta stretching ga jelas .. haha), 2 minggu sekali HIIT runnning, 1 bulan sekali joging biasa, 2 minggu sekali futsal.

Asupan lain : Teh hijau /Kopi + Gula maksimal 1 sendok + kudapan
.
.
.

Dengan metode ini saya mampu menurunkan BB jadi 65 KG(september 2013). Cukup baik mengingat saya tak perlu mengurangi banyak olahraga yang membuat saya capek dan tidak mengurangi pola makan saya yang kehitung sudah enak.

======================= Diet 2014=======================

Sekarang saya sedang mencoba OCD dan diet kalori sederhana  untuk menghilangkan massa lemak menjadi sekitar 16-18% dan menurunkan BB menjadi 61-63 KG dalam 1-2 bulan ini. KOndisi saya sekarang BB 66KG dan indek massa lemak 21-22%.


Menu diet saya kali ini :
-Sarapan : oatmeal+susu+buah
-Makan Siang : Daging+ sayur + nasi 1/2
- Malam/sore : buah only
- Selingan : cemilan biasa.

Olahraga : Joging 2x seminggu @30 menit.
Untuk updatenya nanti saya akan kabari lagi :D

======================= november 2014=========================
update : berat 64,5 KG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...