Jumat, 14 Januari 2011

Kuliah sambil kerja?? Gimana bisa?


Saya selalu bertanya semasa SMA, "bisa ga yah kuliah sambil kerja? Emang bisa?"
ga da jawaban yg pasti, kecuali kamu mencobanya. Ga ada yg pernah tau, kecuali kamu mengalaminya. Jawaban itu yg saya dapatkan pada saat itu.

backsound : avenged sevenfold - M.I.A

Well, tahun berikutnya saya kuliah di universitas dengan jurusan IT di dalamnya.. :D
Saya bilang ke teman karib saya, saya mau coba kerja sambil kuliah. Tapi, teman saya bilang, kerja sambil kuliah itu ga mudah loh. Bisa-bisa kamu keteteran. Yah well, di awal-awal, kuliah saya memang padatnya luar biasa, tentunya demi menjaga peluang lulus 4 tahun tanpa ganjalan.

Akhirnya saya mengurungkan niat untuk bekerja. Loh kenapa? Saya ga bisa ngatur waktu, tentu saja, bangun telat, telat masuk kuliah, telat ngumpulin laporan udah saya sering alami. Tapi gini-gini kuliah saya survive loh, walaupun ga ada hubungannya sih urusan telat beginian ma kerjaan. (-__-")

Well, pada semester pendek di tahun kedua kuliah, saya diajak dosen saya untuk mengerjakan proyek suatu Departemen Negeri sebagai programmer. Sempat kaget, karena setiap malam saya sering ditelpon, "progress gimana?", saya jawab "lagi dikerjakan". Oh Tuhaaan, gimana bisa asalnya tiap malam saya riset dan belajar, tiba-tiba ngurusin yg beginian.. -__-
Biasanya tiap malam galau ma cewe, ini malah tambah galau ma kerjaan. Galau-oh -galau riwayatmu dulu.. (apa sih?!)

Dan well, hasilnya saya keteran, kuliah SP 9sks di minggu-minggu terakhir jadi jawabannya. 2minggu sudah saya ga kuliah, setara dengan 1 bulan ga kuliah di semester biasa. Percayalah sodara-sodara! Kuliah saya waktu itu hancur. Untung dosennya baik, 9 SKS a.k.a 3 mata kuliah @3sks masing-masing dapet B. :D

Akhirnya penderitaan itu selesai, saya keluar dari pekerjaan itu dengan damai. (baca : tender proyek pindah ke perusahaan lain), jadi saya diberhentikan. Dan tentunya saya senang disini, dosen saya juga senang.(baca : dapat kompensasi, saya sih nggak dapet )

Intinya sih, kalo kamu cukup kuat me-manage waktu, kamu bisa melaksanakan proyek sembari kuliah. Bahkan kalo kamu lebih hebat lagi, kamu bisa kuliah sambil kampanye Pilkada, melaksanakan MLM, jualan pulsa, bisnis sama temen. *Dasar mahasiswa otak pebisnis (-__-")*

Kalo kamu bisa multitasking kayak mereka-mereka, saya mendukung kamu untuk bisa kerja sambil kuliah. Tapi kalo kamu kayak saya, SINGLE TASKING, dan cuman bisa melanjutkan kuliah dengan bertahan melawan derasnya tugas-tugas, sebaiknya jangan pernah coba. Itu saran saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...