Jumat, 19 Juni 2015

[Random] Pengalaman, Sensasi, Lika-liku saat menjadi PNS

Jadi ceritanya panjang, Pegawai Negeri Sipil(PNS) atau sekarang istilahnya diganti menjadi Aparat Sipil Negara (ASN), merupakan suatu pekerjaan yang diidam-idamkan banyak orang. Ini berkaitan dengan prestise, kenyamanan, dan fasilitas yang menggiurkan banyak orang. Tidak sedikit yang akhirnya menyogok menggunakan cara yang tidak etis untuk bisa jadi PNS(yang akhirnya sebagian tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab). Kenyataannya hanya sedikit orang yang tau susah dan senangnya jadi PNS itu gimana. Dan berikut ini saya mau menceritakan pengalaman saya yang hingga detik ini jadi PNS.

Apa aja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang PNS/ASN?
Mental, lulus tes seleksi dulu. Tunggu wawancara, jika ada pengumuman kelulusan maka lengkapin berkasnya. Kemudian tunggu panggilan kerja dari instansi yang kamu lamar.

Ikatan dinas?
Biasanya ada, untuk lamanya tergantung instansi

Gaji dan Tunjangan?

gambar di atas cuman gaji pokok PNS(2013), tunjangan ada dan besarnya dicantumkan dengan perpres. jadi secara Take Home Pay(THP) tiap PNS beda-beda. Awal pertama masuk biasanya gaji pokoknya masih CPNS yaitu sebesar 80% dari tabel diatas. Tergantung kamu masuk golongan mana.

Begitu masuk langsung gajian dong?
Tentu tidak, nunggu SK CPNS keluar dulu, baru bisa diajukan gajinya.

perubahan status dari CPNS ke PNS? bedanya PNS dan CPNS
Ga ada beda, cuman CPNS itu calon PNS artinya masih kandidat PNS yang diberikan masa percobaan. Setelah diklat prajabatan, maka dapat diajukan jadi PNS.

Definisi pekerjaan di PNS?
Nah ini, bedanya PNS dengan Swasta. Kalo di swasta kamu jadi digital marketing ya tema pekerjaan kamu tetap digital marketing dari awal kamu bekerja. Kalau di PNS kamu tidak langsung menduduki jabatan yang kamu lamar, misal : pranata humas. Saat pertama masuk, jabatan fungsional kamu adalah umum, which is kerjaan kamu nantinya serabutan jadi volunteer untuk mengerjakan berbagai perkerjaan dan bisa jadi tidak sesuai jabatan fungsional yang dilamar(karena jabatan fungsional umum tidak ada kepastian karir, tidak seperti jabatan fungsional yang ada jenjang karirnya). Untuk menduduki jabatan fungsional yang kamu lamar, kamu harus diklat dulu baru kemudian diajukan. Setelah diajukan maka kamu dapat menduduki jabatan kamu dengan terbitnya Surat Keputusan(SK). Nah ribetnya lagi, sebelum kamu melamar kamu harus pinter-pinter cari tau jabatan fungsional PNS itu seperti apa, karena kenyataannya ga ada yang menjamin kerjaan kamu itu seperti apa nantinya. Dan banyak teman-teman saya kaget karena jabatan yang dia lamar tidak sesuai dengan apa yang sedang dikerjakannya saat ini. Which is Zonnnnnkkk

Jabatan fungsional? Jabatan Struktural? itu apa?

- Jabatan fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian/dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. (jabatanfungsional.com)
- Jabatan struktural adalah suatu kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak seorang Pegawai Negeri Sipil dalam rangka memimpin suatu satuan organisasi negara.(wikipedia)
Secara garis besar, jabatan fungsional itu pekerjaan teknis,sedangkan jabatan struktural memegang kebijakan. Untuk menduduki jabatan struktural biasanya ditunjuk atau mendapatkannya via lelang jabatan.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

dari hal itu juga saya ingin meluruskan menceritakan berbagai persepsi yang menghinggapi kalangan PNS

PNS itu kaya dari hasil korupsi? dengan gaji segitu mana bisa dia beli mobil?
Nah kadang PNS ada penghasilan lain dari honor kegiatan, perjalanan dinas, jadi narasumber dll. Dan besarnya tergantung banyaknya kegiatan yang dia lakukan. Ingat, Gaji Pokok tidak sama dengan THP. Dan juga tidak menutup kemungkinan PNS tersebut punya bisnis atau usaha lain diluar PNS, misalnya punya warung atau kontrakan.

Media Massa dan PNS itu musuh sejati?
Media memang senang memblow up, berita gaji PNS DKI yang jumlahnya fantastis. walaupun sebenarnya banyak PNS daerah lain yang tunjangannya jauh lebih kecil. Jadi ya media massa dan PNS memang musuh, untuk istilah gaji aja media massa tidak bisa mendefinisikan.

PNS pake seragam coklat-coklat?
seragam coklatnya itu PNS daerah bro,yaitu PNS yang bekerja di lingkungan pemerintah kota, kabupaten dan provinsi. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk PNS lain memakai seragam juga seperti seragam dishub(dinas perhubungan). Untuk seragam PNS pusat, tergantung masing-masing instansi.

Resign?
nah ini susahnya, jadi PNS susah masuk , juga susah keluar. Katanya sih gitu. Jadi siap-siap aja kalo lingkungan kerja tidak menyenangkan harus menelan pil pahit selama bertahun-tahun dan itu ga enak.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hilang di Kebun Binatang Bandung | Ketemu pahlawan

Baiklah kali ini saya mau bercerita mengenai pahlawan. Suatu hari aku pernah  bertanya ke temanku namanya si Hermawan, 'What is hero? &#...